Lets go Explore Madura & Surabaya

Explore Madura

Sebenernya rencananya dah dari kapan tauk(beberapa tahun lalu lah) pengen bgt explore Madura liat Gili Labaknya, tapi baru kesampean skr ditambah lagi ada tempat baru kekinian di IG yaitu bukit Jaddih😀. Awalnya gw lontang lantung sendirian sebelom ke Flores karena disamping buat siasatin tiket biar murah dan gw bisa dapet banyak tempat jadi gw ke Surabaya dulu. Nah dari Surabaya ke Sumenep 3 jam doang, tapi ya gitu kalo sendirian kan mahal disewa mobil bla blabla dan pas tanggalnya gw jalan ga ada open trip kesana😦. Akhirnya gw niatin cari temen temen yang mauk ikutan explore Madura bulan depannya. Gw ikutan Travel orang sana, disamping lagi males mikir gw takut katanya banyak begal disana, mendingan pake orang sana kan aman hahaha. Ada open trip juga sih pas gw berangkat 200 ribu doang klo ke Gili Labaknya, tapi gw ikutan yg Sunset trip IDR 350k, explore Gili Labak, Gili Genting, Bukit Jaddih dan makan bebek Sinjai.

Gw start dr Jakarta naek kereta Gaya Baru Malam jam 10:30 Am harganya IDR 105.000 (murah kan), sampe Surabaya gubeng Jam 1:30 AM keesokan harinya dini hari. Pas nyampe gw dah disambut temen gw (Kampret & Hatni) mereka mah naek pesawat balik kerja langsung sampe jumat malemnya (ga bisa cuti mereka) dan orang orang travel yang dah pada manyun karena nunggu kayanya pada kelaperan deh.Begitu sampe kita langsung melanjutkan perjalanan ke Sumenep, kita agak telat soalnya pas nyampe ngantri toilet dulu ama salah tempat janjian ternyata😀. Sa1mpe Sumenep sekitar subuh, selonjoran makan pagi trus lanjut lagi naek kapal ke Gili Labak 1,5 Jam ~_~!’ jauh emang.

sebelom sampe Gili Labak mampir bentar ke pantai Sembilan.

katanya bentuk pulaunya kaya angka 9, sayang kaga punya drone kan jadi kaga bisa moto dr atas😀, yaudah sih liat aja di peta jangan baper.

setelah itu sampai deh di Gili Labak.

penginapan sih yang bikin syok, karena kita ga prepare Sleeping bag. Awal dah di info sih kita homestay, pikiran anak anak ya homestay kaya di tidung atau pulau lain, tinggal dirumah warga, ternyata cuma kamar kosong, aspalan dan agak ngeres. gw pikir tar paling dikasih kasur pas mau tidur, ternyata enggak juga, aspalnya agak geradakan soalnya jd rada sakit, duduk aja sakit. Gw juga biasa ngemper sih, yang laen juga biasa ngemper tapi yang ini agak syok jauh dr expetasi soalnya,  klo ini tempatnya agak panas ga ada ventilasi juga, jadinya kita tidur di bale bale depan pake selimut yang pada bawa masing2, kamar dijadiin tempat buat naro tas aja. Untung anaknya pada enjoy aja🙂 mungkin ngedumel dalem hati gw ga tau :p. Pengalaman buat next pasti gw saranin bawa sleeping bag ama matras. eh tapi pas malem gw tiduran di pasir pake tiker sambil liat bintang enak juga, cuma pindah takut ujan aja kan ga lucu lagi tidur baju tiba tiba kuyup. Oiya klo abis snorkeling mau bilasan air bersih bayar 10 ribu/galon, aer disana payau soalnya, mau ke wc 2000.

pas pagi dodo (guide) nanya mau liat sunrise ga, yaiyalah mau liat mau ngapain lagi klo enggak, beberapa pada mager jadi cuma gw ama kampret aja yang liat sunrise.

ga nyesel bingit liat sunrise, pantainya lucu ada pohon2 kecilnya hihi…

Jam 8 kita harus balik ke Rumah singgah awal (lupa namanya), abis itu makan pagi dan bilas mandi disana biar ga perlu beli galon 10 ribu, disana aernya ga payau soalnya. Setelah selesai dan beres semua kita balik ke Bangkalan makan bebek Sinjai, perjalanan dr Sumenep ke Bangkalan 3 jam lah kurleb juga, Kita makan bebek Sinjai dulu karena jam 4 mereka tutup, klo dr Jaddih kesana takut krburu tutup, dan sekalian makan late lunch. Karena males makan di bebek Sinjainya jadi makanan dibungkus dan kita makan sambil jalan menuju ke Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih itu mirip kaya kawah kaolin Belitung sekilas kalau di foto. Bukit Jaddih ini bukit kapur masih aktif penambangan disana. Udara disana Puaaaanaaasee Poll. nyelekep gitu deh ga ada udara trus panaaas. Pake baju warna cerah kalo kesini, biar kece klo dipoto aiiiish.

Setelah itu kita back to Surabaya, emang dasar orang Jakarta pas lewat jembatan Suramadu pada tereak tereak seneng bgt😀.

Explore Surabaya

Seperti biasa gw paling suka nginep di Penginapan unik Surabaya yaitu My Studio hotel. Modelnya capsul gitu, harganya permalem cuma 120 yang single, double 180an(bisa berdua), berasa di Japan deh😀. Ini enaknya dengan harga segitu tempatnya deket bgt ama stasiun Gubeng, jalan kaki dikit doang, kalau kasian sekalian bagi rejeki tukang ojek sana 20 ribu soanya muternya jauh kalau ojek. Dengan harga segitu udah dapet breakfast, handuk, sabun juga ada disana, trus aer hangaaat <~ penting bgt buat traveler soalnya abis capek capekan mandi aer panas pegelnya ilang. Kebanyakan yang nginep turis asing yang abis pada dari Bromo ama Ijen. Ditambah lagi paling asik tempatnya buat poto poto, lucuu soalnyaaa.

Sekarang hari Senen, yang laen dah pada pulang kemarin. Tinggal gw, tyas, aji. Niat hati mau keliling pake mobil gratisan Surabaya Heritage Track itu, eeeh ternyata hari SENEN GA BEROPRASI T_T, njir sedih bgt. Naek busnya dari museum Sampoerna sekalian poto poto ama liat liat di dalem museum, bau tembakaunya enaaaak. Kita naek angkot dianterin bekas supir elf yang anter ke gili labak kemaren dan free (makasih bapak semoga rejekinya berlimpah ya pak ali). Sebelum sampai museum ada mural tembok, minta berenti bentar trus foto foto deeh😀.

Surabaya heritage track

Sok model ala ala aja
udah deh abis itu cuma kulineran tok ke pasar Atum nyobain cakwe peneleh, biasa aja tapi ah menurut gw. Next gw pasti ke Surabaya lagi, banyak yg belum di cobain ama belum di explore. mungkin taun depan, ikut kuy!