Backpacker to Cambodia (Trip Indochina 30 Maret-13 April 2014)

Dari Bangkok ke Siem Riep

Perjalanan gw dari Bangkok ke Kamboja langsung ke Siem Riep menggunakan bus ATS (mungkin itu namanya soalnya yg tertulis bisa ke baca itu). Berdasarkan yang gw baca di beberapa blog, kebanyakan ngasih rute dari Bangkok harus ke Aranyapratet naik bus/kereta, trus naik tuktuk ke Poipet, dari Poipet naik tuktuk lagi ke Siemriep. Tadinya gw mau ngikutin begitu, karena dapet informasinya begitu. Tapi alhamdulillah, Tuk tuk driver gw di Siemriep ngasih tau kalau ada bus langsung ke Siemriep ga perlu ganti ganti lagi. Jadi lah gw langsung beli tiket itu setibanya di Bangkok terminal. Harganya emang agak mehong, 750 Bath tapi gw pikir lebih hemat dari pada pindah pindah naik kendaraan lain apalagi kalo di getok harganye bisa amsyooong. Jadwal bus ada 2, jam 08.00 pagi dan jam 09.00 pagi. Gw ambil yang jam 8.00 (pengen cepet sampe ><)

DSCN0080 copy
Tiket Bus Bangkok-Siemriep
Bus dari Bangkok ke Siem Riep
Bus dari Bangkok ke Siem Riep

Tanggal 7 April 2014, Sebelum masuk Aranyaprathet, bus berhenti untuk istirahat dan disana ada agen pengurusan visa. Note : INDONESIAN PEOPLE FREE VISA FOR CAMBODIA. Jadi kalo ada calo nyuruh bayar jangan mao. Banyak Turis lain pada buat visa disini, dan setelah itu Bus memasuki Aranyaprathet, di perbatasan ini kita di kasih waktu 2 jam sama bus. Tiap orang dikasih semacam nametaq bus. Masuk imigrasi Thailand sumpah sangat crowded. Ga sengaja gw moto eeeeh ada blitznya jadi ketawan deh dan dimarahin hahaha dan disuruh apus, tapi gw ga apus buat kenang kenangan tuh kantor imigrasi crowded bgt. Di imigrasi Thai lama banget, antriannya panjaaang bgt, ada orang ….(sensor) nyelak nyelak, bete banget ngeliatnya. Kelar dari kantor imigrasi Thailand kita jalan kaki lagi sekitar 100 meteran ke kantor imigrasi Cambodia. Ini kantor imigrasi lebih gila lagi, bapuk bener kaya konter tiket bus, Gw ampe ga nyangka kalo itu ternyata kantor imigrasi Cambodia. Di sana banyak petugas yang nawarin jasa biar cepet kelar tapi harus bayar *ogah. imigrasi Cambodia emang lelet petugasnya, pas giliran gw aja dia minta waktu 1 menit kebelakang (kayanya ngeroko dulu gitu dah dijam jam sibuk kaya gini dan antrian panjang gila kaya gini). Setelah urusan semua selesai gw ke bus yang di parkir deket situ dan nunggu penumpang lain selesai dulu, aaaaah lega rasanya.

DSCN0105
ini kantor imigrasi perbatasan Thai-Cambodia di Siemriep. Seiusan itu yg kecil kaya loket tiket!!
DSCN0092
pas turun dari bus dikasih nametaq biar ga ilang kali kitanya.

DSCN0103

Setelah semua lengkap penumpangnya bus melanjutkan perjalanan ke SiemRiep. Nyampe Siem Riep sekitar jam 17.00 wib (waktunya sama kaya kita), dan di jemput RECOMMENDED TUKTUK SIEMRIEP yang dah gw pesen. Harganya awal $15 (harga sebenernya kalo buat lebih dari 1 orang itu 20$/tuktuk (lo bisa share cost kalo ber4) buat dicarter dari pas kita dateng ampe besok paginya dan ampe malemnya nganterin ke tempat bus buat menuju Pnom Phen. Dia mengira gw sendiri tapi ternyata gw ber 4. Pas dateng kita ber 3, dia nganterin kita dulu ke hostel. Tapi ternyata hostel gw jauuuuuuh dari mana mana namanya “Angkor Voluntary Hotel”, untung baru di book lewat email dan belum bayar jadi bisa di cancel. Dari tempat makan jauh, dari Angkor wat malah jauh juga. Akhirnya Safy (supir tuktuk kita) nyariin penginapan yang murah buat kita namanya “Garden Village 2”. Harga perorang cuma $4/orang/malam. Setelah itu Safy nganterin kita ke restoran muslim deket situ, rasanya enak enak. Abis itu kita back to hotel dan istirahat, sementara Safy nungguin temen gw yang berangkat dari Pnom Phen menuju SiemRiep (perkiraan nyampenya jam 12 ternyata malah lebih cepet jam 10an dia dah sampe).  Safy is the best deh pokoknya, dia stand by terus kalo di hubungin suruh jemput kita dan selalu on time.

Komplek Angkor Wat ( Siem Riep)

Safy dah stand by jam 5 pagi. Dengan mata kriep kriep kita keluar. Katanya sih cuma 1/2 jam ke Angkor Wat.  Sampai gerbang angkor wat kita ngantri buat bayar dan potooo yihiiii. Bayar uang masuk $20, serahin Passport dan klik *smiiiiilllee.

SONY DSC
ID masuk Komplek Angkor Wat

Itu semacam ID / Tiket Masuknya ke komplek Angkor Wat. Dari loket pembelian kirain dah deket dari situ Angkor Wat-nya, ternyata masih harus kedalem lagi agak jauh diantar tuktuk kita tadi. Begitu nyampe Angkor Wat ga pake ba bi bu langsung meluncur cari spot buat liat sunrise. Ternyata rameeeeee bgt bo yang berburu sunrise pagi itu dan banyak orang lokal nawarin tempat buat liat Sunrise sambil promosi warung makannya. Sekitar jam 6 pagian, matahari tambak ga muncul dan langit rada berawan. Sepertinya ga dapet sunrise, pikir gw awalnya. Gw Tunggu sebentaran, kali aja muncul. Orang orang pun pada pergi karena mereka berfikir ga dapet sunrise, jadi tempat itu agak sepi. Gw tetep nunggu aja disutu eeeeeh sunrisenya muncul.

SONY DSC
Awalnya kaya gini udah hampir jam 6 pagi.
WP_20140408_06_21_39_Pro20140408072607
Sunrise at Angkor Wat
SONY DSC
Orang orang yang berburu Sunrise juga

WP_20140408_06_32_01_Pro20140408111950

DSCN0178

Abis iat sunrise, keliling komplek Angkor Wat (gedee banget dan panaaas banget)  foto foto bisa liat di Instagram.

Setelah keliling komple Angkor, kita balik ke hostel buat check out. Check out maksimal jam 12 siang kalo lebih kena 1/2 harga lagi, jadi kita buru buru check out trus nitip tas  di hostel dan kita cari makan. Kita harus Checkout hari ini karena tar malem jam 12 mau melanjutkan perjalanan ke Pnom Penh. Setelah makan kita males malesan di lobby hostel sambil ngecash batre batre dan wifian. Di hostel juga banyak backpacker lain pada nungguin malem kaya kita. Oiya Tar malem jam 10 kita minta jemput safy buat dianter ke tempat bis Virakbuntham. Sore sambil nunggu bus kita maen ke night market beli oleh2 (niatnya cuma liat2 doang, klo ada yg murah beli, klo mahal bye!. akhirnya beli kipas unik 1 biji harganya 2$ dapet 3 barang, mayan dah.)

SONY DSC

SONY DSC

Review Hostel Garden Village 2

1. Wifi kenceng

2. Staff ramah

3. Lobi asik buat nunggu, boleh nitip tas juga

4. ada water heater nya. *tapi ga kepake di Cambodia suhunya panas bener, mandi pake aer panas yaaa keleees.

* di Siem Riep terminal bus nya itu tempat agen bus tersebut. Misal la’u dari Bangkok naik ATS, ya nanti di jemput di agen bus ATS.

Phnom Penh

Kita naik sleeper bus Virakbuntham, wooooow pas masuk kaya tempat karoke/ rumah bordir hahaha. Sebelum masuk kita disuruh lepas sendalnya (dikasih plastik ama pihak bus). Modelnya tempat tidur gitu 2 orang atas, 2 orang bawah. Untung kita udah genap ber 4, jadi satu ranjang bareng, klo ga ada barengan mau ga mau bobo ama orang laen yang ga kenal 1 bus dan ga bisa milih cewe/cowo. Tadinya ngantuk banget pas nunggu bis eeeh pas masuk bis ngantuknya ilang noraknya muncul😀, poto poto gegayaan.

altAnkkoTUcSXjKfwShdQT6e18QiBFweXJqokfdVXVnl-yU
Suasana dalam bus, anjiiir kaya diskotik lampunya bikin sakit mata ><
altAmUAqm6SBGYUdJIiHZem1_gfT-41Qfl2BUx7FxGBm8Qc
biar ada gambaran bisnya kaya gimana, nih!

Bus berangkat ontime jam 12.00 Malam sampai Phnom Penh jam 6.55 pagi. Nympe langsung cari WC (toilet disana namanya WC kaya di Indonesia). Masuk bayar 0.25 Sen (1 dolar ber4), cuci muka, dandan di warung orang. abis itu nawar tuktuk nawar 15$ ga mau karena ber4 dia minta 20$ (perorang 5$). Waktu kita disini ga banyak soalnya mau naik bis lagi jam 14.30. Jadi kita jalan2 ke Tuol Sleng Genocide Museum & Killing Field.

Killing Field

Masuknya bayar 6$, dapet kaya semacam walk man sebagai guide?(apa namanya ya?). kita bisa milih bahasa (bahasa Indonesia ga ada haha), pengemasan museumnya bagus, rapih, tertib. Sambil dengerin pake headset sambil jalan ke titik poin poin yang sudah disiapkan. Sambil dengerin sambil kita merasakan kesedihan menghayati sejarah, ngena banget deh pokoknya.

SONY DSC

masuk bayar 6 dolar
masuk bayar 6 dolar

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

InstagramCapture_d84622a1-4b7b-470c-8d9b-5ff9bdca9c82_jpg

Tuol Sleng Genocide Museum

Masuknya 2$. Ini paling susah gw sebut. kalo gw sebut kedengerannya kaya “slank” band indonesia T_T. Disini hawa dan auranya kayanya dingin bgt. Tempat pembantaian pada umumnya kaya lo masuk ke museum G30 SPKI yg di lubang buaya. Ngilu bgilu gimanaaa gituh. Pamela ga berani masuk karena takut, hawanya emang serem amet.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

 Adalah beberapa yang bikin gw nangis liat gambarnya. Kok bisa ya kita sesama manusia enak bgt maen bunah bunuh aja trus kejam bgt lagi caranya, kok bisa ya, kok bisa ya hanya karena beda paham, kenapa ga didiskusiin dulu,..itu yang terlintas dipala gw sepanjang ngeliat gambar gambar sama tempat eksekusi pembantaiannya. Ngeliat hal kaya gini gw sekaligus bersyukur lahir di tahun gw yang udah damai, ga perang, ga ada pembantaian. Ga kebayang sedihnya kaya gimana saat tau keluarga kita di bantai dengan cara yang kejaaaam bgt. Ya Allah ga tega bgt gw ngeliat2 gambar di poto.

Disini makanan halal susah, jadi setelah balik dari museum kita minum bubble tea, karena deket juga, skalian NGADEM (panas coy diluar) dan free wifi (fakir wifi dinegara orang).

selesai dari sini kita minta anterin sama borax (nama driver tuktuk gw :D), nyari mini market eeeeh malah dianterin ke pasar yang gede bgt T_T, trus kita bilang miniiii market eeeeeh dianterin lagi ke traditional market yang lebih kecil, sevel mereka juga ga tau, kita dah keilangan ide deh bingung ngomong namanya apa ternyata SMILE namanya kalo disana T_T. Setengah gilaaa gw nyebutnya ampe berbusa mulut keausan ama kelaperan.

Abis itu ya kita naek bus ke vietnam. Kisahnya di backpacker ke Vietnam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s