Pengalaman Seru waktu traveling

#Jepang

ini pengalaman yg paling ga bisa gw lupain hahaha, mugkin orang-orang pengalaman tentang teknologinya, klo itu pasti berkesan banget yak secara di negara kita belom ada jadi udik2 dikit pasti wajar lah :p .kalo gw mau cerita pengalaman tentang adat istiadatnya. Waktu itu gw kan kepilih jadi Minkan Taishi di Kampus, ya semacam pertukaran pelajar mengenai budaya lah. Singkat cerita setiap mengunjungi sekolah sekolah di sana, kita di suguhkan teh ocha. Ocha udah biasa gw minum biarpun pahit tapi mayan lah suka, tapi ada satu sekolah (aduh lupa namanya) mereka menyuguhkan ocha yang lain dari pada yang lainnya. Pas disuguhkan seperti biasa kita langsung minum buat menghormati, baru masuk tenggorokan sedikit huuumffft rasanya aneeeeehhh bgt…sumpah sungguh sungguh aneh, ocha kali ini rasanya asin berasa minum aer garem dan rada amis…OOOH GOD!!! Mau gw muntahin tapi kan ga sopan… Gimanaa iniiii gw bingung, kalo ga diabisin ga sopan. gw bisik bisik ama sensei bilang “sensei ga doyan” katanya “ika, ga sopan kamu harus habisin” . tapi sumpaaaah untuk ocha kali ini gw nyerah ga bisa ketelen. Ocha yg pait bgt kaya di Shin an gw masih bisa minum klo ini sunguh sungguh nyerah. Tuh ocha masih ngembeng dimulut gw. Gw mau pura pura ke kamar mandi tapi gimana ngomongnya ini mulut penuh ocha yg ga ketelen. Bongkar bongkar tas mana ga bawa botol minum hadeeeh sengsara bgt idup gw. Eh mereka tau kali ya gw ga doyan, ternyata mereka menghidangkan semacam ocha apaa gitu, katanya orang jepang sendiri belum tentu suka, trus mereka jadi minta maaf…aduuuh sumpah ga enak bgt gw jadinya. Tapi rasa tuh ocha masih berasa bgt ampe skr. Aduuuuh itu gw sungguh ga sopan bgt tapi gmana donk eike bingung.

# Thailand

Go Travel Get Lost. klo traveling kaga pake acara lost lostan ga seru dah kayanya hahaha. Gw ber4 ama soko, icha, gw, papap ceritanya mau iseng jalan jalan muterin Phuket Town klo nyasar kan tinggal nanya pikir kita (soalnya di Patong pade ngemeng inggris orang lokalnya). Kirain mah deket ga taunya……kok kita jadi ga bisa balik yak…waduh!!! nanya ama orang sana amsyong semuaaaa, kaga ada yg tau. ampe kita cuma nyebut nama hostelnya doang mereka ga tau juga. bukan karena mereka ga tau tempatnya tapi ga ngerti bahasanya dan mereka ga bisa bahasa inggris semua. “PHUKET BACKPACKER HOSTEL”. mereka cuma melongo trus ngomong bahasa mereka sambil dadah2 tanda ga ngerti apa yg kita omongin. Kita pake clue ke dua “TRADITIONAL MARKET” karena kebetulan deket ama pasar emang, tapi tetep aje kenyataan pahitnye kage ade yg paham. mana tulisannya cacing semua petunjuk jalannya, jadi kita ga tau itu ada dijalan mana….bagi kita semua tulisan sama semua. Jalan terus dah kita ampe nemuin kaya semacam tempat Pelacuran gitu. Semua cewe cewe mangkal di depan clubnya, klo ada cowo mereka semua masuk dan cowo itu boleh milih siapa aja. dan banyak bgt tempatnya kaya semacam ruko ruko gitu…sederetan semua.dan semua yang ada disana keheran herran kenapa kita bisa ada disana hahaha. niatnya mau baik lagi tapi tanggung akhirnya kita tetep jalan aja ehhh sampeee deh. kaki pegel pegel ama lecet dah. Besoknya ceritanya mau beli Thai tea di Thailand yg kaya dijual di warung2 makan itu, soalnya enak bgt. pas nanya di warung gitu “do you have tea madam?” mereka cengo trus sambil nyengir dan ngomong bahasa mereka yg tak gw pahamin juga maksudnya kayanya sih ga ngerti. Pindah tempat bilang clue “TEA? TEH? THAI TEA” mulut gw ampe berbusa ngomong segala cara, mereka ga paham maksudnya akhirnya gw disuruh masuk trus nyari sendiri apaan yg gw mau, dapet deh akhirnya tapi salah beli bukan yg ini yg gw mau. Pas mau balik kehotel tiba2 bapak2 tua meragakan adegan kaya mau nari bentuk segitiga sambil bilang “FAAAAN FAAAAN”, kita pada melongo mencari maksud si bapak “BUDAAA BUDAAA”. dia tetep berusaha menjelaskan ke kita. “FAAAN FAAAN BUDAAA” sambil tangannya meragain gaya tidurnya budha. Melalui ilmu kesotoyan kita kayanya si bapak nyoba nawarin kita rental van buat ke big budha. trus kita bilang ” sorry sir, we already book another van with travel agent” eh dia melongok…kita pake gaya aja “no no” sambil dadah dadah. beli duren pun gitu ga perlu nanya nanya harganya berapa dlm bahasa inggris, langsung aja tunjuk durennya tar dia jawab langsung pake jarinya. klo mau nawar tinggal ambil durennya berapa trus tunjuk pake jari. klo boleh dia ngacungin jempol kalo ga boleh dia nunjukin harga pake jari lagi. hahahaha seru dah pokoknya.  Pas pamit pulang dari hotel si bapak bapak yang nawarin kita mini van(kebetulan rumahnya samping hostel) mencoba ngobrol. Dia meragain tangannya kaya pesawat terbang gitu lagi lepas landas dan niru suara kapal “wuuuuuusss” maksud yg kita tangkep “mau pulang ya?” si bapak itu nanya. dan suami gw jawab ngangguk2 sambil ngikutin meragain pesawat dan bersuara “wuuuus” maksudnya “iya, kita mau balik ke Jakarta”. trus bapak itu nunjuk2 kesini yg maksudnya bilang “balik lagi ya kesini”..dan kita pun mengacungkan jempol tanda “OK”. entah kenapa disitu gw pribadi ada rasa haru yang ga bisa dijelaskan…walaupun kita ngobrolnya begitu dan kita sotoy mengartikannya tapi gw yakin maksudnya begitu, kaya ada semacam apaaa yaa yg lo pasti tau sendiri dah maksudnya dari tatapannya, gesture tubbuhnya. Gw mau balik lagi ke Phuket Town biarpun kotanya rada sepi dibanding Patong, tapi seru bgt berinteraksi ama penduduk sekitar, asli dah.

#Malaysia

Klo ini bukan pengalaman buruk, tapi UNIK. jadi gini pas kita di MCD kan dari Singapore ke KL nyampe subuh jam 4an klo ga salah. Kita nunggu ampe siangan dikit disana, di MCD juga banyak turis turis yg pada gelepakan tidur pala di meja nunggu pagi. Nah Abis kita mesen makanan buat spik spik kaga enak numpang duduk klo kaga jajan :p, ada kaya semacam orang arab kali ya?! modelnya gitu lah, janggut panjang, bawa koper gede pake roda yang awalnya ga engeh ampe semua orang jadi fokus ke dia. Kenapa fokus?? awalnya gw ga ada yg sadar dah, nih orang keluar dr MCD trus masuk lagi, trus ngambil kaca mata dan pake kaca mata item pas didalem (gw ngeliat sih trus cuma bilang ngapa dia pake kaca mata item subuh2 gini), abis itu dia ngantri, abis ngantri belum kelar dia ketempat souce, abis itu keluar lagi. Trus dia masuk lagi, pake kaca mata item lagi, bawa koper dia gerek2, dia ngantri, dia ketempat souce, dia muter muter disitu trus dia keluar lagi. Dan begituuuu terus ada kali 2 jaman ampe dr orang ga ngeh sampe ngeh. Semua pada curiga ngerinya dia bawa bom soalnya kopernya gede bgt, trus dia ditegor ama petugas mcd trus dia rada marah, trus dia ngantri trus dia keluar trus dia masuk lagi pake kaca mata item dan akhirnya keluar ga masuk2 lagi.  Itu gw ga ngerti sumpah dah, sama halnya orang orang mungkin nanya pertanyaan hal sama kaya gw. Ternyata jam 6an masih rada gelap di Malaysia, dan gw kedinginan ternyata di dalem MCD terus, gw keluar duduk diluar. Trus mas mas MCD nya ngajak gw ngobrol (baik deh) trus mau ngaterin gw katanya naik motor ke petronas, gw nolak soalnya dia kan lagi kerja. Trus dia nanya udah punya pacar belum? *_*. waktu itu kan dah punya pacar gw. Trus kata doski “tak ape, punya pacar 2 di indon 1 di sini 1” . Woooowww gw ditembak hahaha tapi ga papa sih doi asik kok becanda kayanya. udah sih yg unik dan lucu disana cuma part ini aja. Mungkin besok gw akan menemukan hal menarik lainnya.

#Singapore

Paling ini gw GAPTEK. Bayangin 2 kali ke Singapore gw lupa tuh ama cara beli tiket MRT. Pertama kali gw ga bei EZ LINK. Kedua gw beli tapi keder, bego bgt dah pokoknya. KOK BISA BISANYA YAK GW 1 JAM SENDIRI MANTENGIN TUH MESIN. Au dah nih tar yang ke 3 gw gaptek kaga yak??? *ragu ama diri sendiri haha tapi rada inget deh kayanya.

#Lombok

Klo disini kesel ama penjual di Kuta Lombok * saking annoying nya. Jadi ceritanya ada 2 anak yang 1 bisu yg 1 enggak. Nah gw mau beli kain di anak itu tapi belum sempet bayar tiba tiba dikeroyok pedagang disitu. emak-emak semua. Kita kan lagi gelar tiker trus mereka ngasih semua bahan-bahan sarungnya ke muka gw,  gw berasa kelelep ama tuh sarung, GA CUMA 1 ORANG tapi ada sekitar 10 ORANGAN dan semua naro sarungnya di badan kita. Mereka ga sportif bgt, mereka memaksa kita beli 1 setiap pedagang. Bukan karena ga mau beli, tapi caranya ENGGAK BGT deh. Mereka bilang “beli lah 1, jangan pilih kasih cuma beli ke si bisu, saya tau mba beli kan ke si bisu”. si bisu ama sodaranya duduk aja kaya mau di ambil lahannya ama ibu ibu itu. ibu-ibu lain bilang “beli lah 1, Janganlah tak adil”  dan banyak lagi dah ampe semua tetep duduk ditiker gw, ampe kita semua ga bisa nikmatin pantainya. akhirnya kesel gw pindah trus gw bilang si bisu jangan ikutin dulu tar klo gw mau balik gw samperin lw beli sarung. Mereka seneng bgt trus mereka pergi menjauh trus tiap liat gw dari jauh senyum senyum. Akhirnya bisa nikmatin pantai dengan tenang. Eh mereka ngincer bule tuh, ada bule lagi lihat-lihat sarung seorang ibu trus nasipnya sama kaya gw dikeroyok banyak pedagang, nah doi enak abis itu ngeloyor berselancar melarikan diri dari pedagang *pinter pinter hahaha. Pas mau pulang kita ga lupa donk ama janji kita, pas deket taxi kita kasih uang buat mereka, milih sarung cepet trus cawww pake taxi langganan kita si bapak baik. Pesan buat yg di Kuta beah lombok, jangan megang maupun nyentuh barang dagangannya deh jadi wajib beli, kecuali emang mau beli tapi kudu sabar ama semua yg ngikutin lo (kaya dikintamani lah. Pengalaman ini masuk katagori seru lah soalnya tiap daerah/bangsa kebudayaannya beda-beda jadi kita bisa nilai lah tiap dareah gimana.

sementara itu dulu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s