Pengalaman buruk waktu di Malaysia

ini dulu terjadi pas pertama kalinya temen-temen gw ke luar negri, masa masa tiket promo maskapai kesayangan gw Air Asia (ampe skr ttp kesayangan krn Air Asia make my dreams come true bisa keliling dunia dgn budget yg low), dan ini pertama kalinya gw jalan ke tempat jauh ama sahabat gw Prita dan Ninda. Tahun 2010 apa 2011 gitu, lupa.  Awalnya biasa aja cuma deg2an terasa hihihii. Tiket gw dapet 230 ribu rupiah/orang PP JKT-KL (mureh ye :D). Singkat kate dan cerite setelah melakukan proses pengecekan dan bla bla bla *ga perlu diceritain dah kita ke petugas imigrasi Malaysia, kebetulan petugas imigrasi gw cowo manies >< masih muda pula dan nanya nya juga baik. kurang lebih gini dah percakapannya *rada lupa gw bahasanya.

petugas ganteng : nak hendak kemana?

gw : Ke Malaysia trus mau jalan-jalan ke Singapore.

petugas ganteng : kenape cuma bentar saja di sini *maksudnya malaysia

gw : soalnya senin sudah harus kerja.

petugas ganteng : ok, take care jangan lupa main lagi kesini.

gw : iya, Thank you (sambil senyum manies kearahnya tsaaaailaaah)

gw ngeloyor dah tuh ke depan, nungguin pricut ama ninda sambil senyam senyum salting. Abis itu Prita, nah nungguin Ninda kok lama yak, padahal kita tadi barengan majunya…dia di loket samping gw. Mayan lama trus Ninda muncul mukanya sedih kaya pengen nangis, dia bilang dia dimarahin ama petugas imigrasinya, katanya galak bgt.  Dia bilang petugasnya nanya gini.

petugas galak : Bisa English Tah?

Ninda : Yes…

petugas galak : Klo nak cakap English kenapa ini tak di isi.

Ninda : ( bingung,,trus dia ngisi deh)

padahal kita ber3 itu samaan isinya, kan ngisinya bareng-bareng. Gw ama prita sih aman2 aja. Itu kejadian pertama.

kejadian kedua, karena RM gw kurang jd gw nuker dibandara…baru maju trus pasang muka senyum bilang mau nuker Rupiah. Itu petugas bapak-bapak ngelirik sinis trus bilang “Indon” sambil kaya ngenyeee gitu loh.

Kejadian ke 3 nih,  Pas nyampe Malaysia seneeeng bgt…horeee…ga menyangka abis itu akan mengerikan. Klo ga salah gw nyampe di mana gitu, lupa. Nah kan kita harus lanjut ke Singapore jadi kita harus beli di Puduraya. Nah kita kan bingung arah ya, ga tau Puduraya ada dimana. Kita tanya lah ama orang-orang sekitar dimana Puduraya. Dan eng ing eeengg….semua nyasar2in kita. katanya didepan situ gedung biru kalo ga salah, kita kesana katanya suruh balik lagi arah yg tadi orang nunjuk kita. Emang sih dari awal muka mereka ga suka ama kita soalnya lagi ada KONFLIK YANG LAGI HOT HOT nya antara Indonesia dan Malaysia. Kita bawa tas gembol-gembol setiap kita nanya mereka rada ketus trus ngomong “huh INDON”. Gw nanya ampe 5 orang  dan semua ga ada yg bener. Akhirnya karena laper kita makan di MCD deket situ, mana ga ada nasi di MCD nya, ga papa deh yg penting kenyang. Abis itu kita jalan lagi nanya Puduraya dimana tapi ga kita percaya mentah-mentah. akhirnya ttp ga ketemu dan kita beli di calo yg mayan lah harganya. Katanya suruh tunggu aja disini bisnya dikit lagi jalan, nah kita semua beli mcd lagi buat bekel diperjalanan klo tiba2 laper (ga ada niat buat makan didalem bus juga). Pas naik mobil kita dimarahin ama orang India, katanya suruh buang itu makanannya. Ya Allah mana duit pas-pasan makanan yg baru beli disuruh dibuang, akhirnya Ninda Punya Inisiatip nyelipin burger kita trus kita buang cuma minumnya doang ama kentang. Awalnya gw terima, karena mungkin itu memang peraturan di sana ga boleh bawa makanan di dalem bus dan ga boleh makan, kita ga masalah dan jadi pembelajaran buat kita sampe akhirnya kita GONDOK BIN KESEL. Orang di depan gw MAKAN CHIKI, MINUM COLA, MAKAN-MAKAN dengan temennya dan di lihat ama orang india itu dan GA DI SURUH BUANG!!! ditegor aja enggak!!! OOOOHHH WHAT THE FUCK!!! Itu rasanya gw mau nangis bgt krn kesel tapi ga bisa berbuat apa-apa, kita ga ada minum, ada makanan tpi kita umpetin krn klo kita yg makan pasti ditegor dan lo tau kan berapa lama perjalanan ke Singapore. Akhirnya pas ampe mana gitu gw lupa bus berenti istirahat, kita beli minuman trus makan burger kita yg tadi kita beli. Gw udah spechless, rada gimana gitu perjalanannya. Entah kenapa atau hanya perasaan gw yg sensitif klo mereka liat kita dan mereka tau kita orang Indonesia mereka JUDES bgt, gw ga tau apa yg salah tapi akhirnya terobati lah ya setelah ke Singapore hihihi. Niatnya abis dr Singapore kan balik lagi tuh ke Malaysia kita mau ke Petronas atau city tour keliling Malaysia ama waktu yg masih tersisa. Tapi kita semua pada troma dan akhirnya cuma nunggu waktu di MCD dan di bandara tanpa jaan-jalan ke Malaysia. Waktu mau ke bandara semua orang ga ada yg tau LCCT dimana, LCCT itu apa (waktu itu masih baru bgt air asia punya bandara sendiri) ampe kita nanya Air asia airport pun mereka ga tau apa emang ga mau ngasih tau kita, gw ga tau dah. Kita nyasar sendiri tanpa nanya orang sekitar karena takut sama mereka yg judes2 dan selalu nyasarin kita. Sampe pada akhirnya ada bapak2 orang malaysia, dia liat kita bingung dan udah cape. dia nyamperin kita dan nanya mau kemana. Kita jawabnya ragu-ragu karena takut di bohongin…kita bilang ” LCCT” trus dia bilang air asia? kita ngangguk tapi biasa aja ga mau ke geeran dulu. trus dia bilang “mari ikut saya”, kita ngikut dia trus kayanya dia tau deh kita ragu sama dia. dia ngeyakinin kita ” tak apa saya petugas kereta, ayo mari ikut saya, tak apa, trust me”. kita ngikutin dia dan bener aja lowh dia nganterin kita trus kasih tau rute-rutenya dan akhirnya nyampe dah bandara. Duh gw lupa gimana itu kesananya soalnya dulu bukan bloger sih haha. Ternyata masih ad yg baik di sana. MAKASIH PAAAK….SEMOGA SELALU BERKAH.

Keempat : Tiap di Imigrasi Malaysia selalu bermasalah dan Jutek2.

ke 5 pas mau balik pas pemeriksaan di imigrasi TAS GW DIBONGKAR. trus kan ada tas kecil isinya bedak, lotion, lipbalm yaaa perlengkapan cewe lah , di keluarin trus ama madam2 dia ngelirik sinis bilang “ini semua alat bersolek” . gw bilang “iya madam, itu cuma bedak dan lotion dan saya tidak bawa cairan lebih dr 100 ml” . trus ama dia ditaro lagi dan gw masukin semua barang barang gw lagi. aneh bgt sumpah.

itu lah beberapa  kejadian yg ga ngenakin. Mungkin waktu itu emang kacau bgt isu Indonesia dan Malaysia. Ampe beberapa tahun tiap ada promo ke Malaysia gw ga mau beli, karena masih troma. Tapi sekarang udah ga papa. sekarang gw punya temen backpacker dari Malaysia, kita keep in touch di Wasap atau FB. Mereka semua OPEN MINDED kok.  Mereka membolehkan gw nginep di rumah mereka lagi (asik ya) *semoga selalu berkah dan rizky yang tak pernah putus dari Allah, Aamiiin. Ga masalah negara bergejolak tapi we’ll still friend. Besok tanggal 30 gw ke Malaysia backpackeran sendiri dan mengunjungi teman-teman gw di sana. SALAM HANGAT buat backpacker dunia, mereka semua orang2 yang baik yg pernah saya temui. SALAM DAMAI BUAT SELURUH DUNIA.

kata john lenon “Imagine all the people living life in peace”


3 thoughts on “Pengalaman buruk waktu di Malaysia

  1. ya ampun mak seru juga pengalaman ke LN…. untung gua ga serem pengalaman ke LN. tapi perjalanan pertama ke LN selalu ada pengalaman norak2 bergembira, apa itu ketahan di imigrasi maklum paspor masih muyus, gagap teknologi , gagap bahasa dan budaya atau hal2 ga keduga karena konflik.

    gua sih yg agak bete pas transit dari nepal ke malaysia, petugas imigrasi scan tampilan gua dari ujung ke ujung terus nanya kerja kapal ya di nepal? OMG… gua disangka buruh migran

    kapan yah gua jalan2 ke LN bareng kalian!!!!!

    1. wkwkwkwk asli ngakak bgt denger cerita lo beb.. nih gw lagi mau cerita2 tentang pengalaman2 aneh waktu ke LN, macem2 bgt dah gw tapi seru bgt. betul betul betul NORAK NORAK BERGEMBIRA. Besok akhir bln ane mau mencari kitap suci berangkat sendiri dr KL ketemu ama hatni ama kampret di Thai…trus ketemuan lagi ama anak bekpek lain di kamboja trus ketemu papap deh di vietnam. ayo donk kapan nih kita jaan bareng lagi…kangeeeen….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s