Naik kereta Bogor (Paledang) – Sukabumi (Cisaat)

Rencana kali ini mau ke sukabumi nyobain naik kereta ke Tanakita. Kita naik dari Stasiun Paledang (Bogor). Sengaja gw tulis nih review nya karena orang orang bogor sendiri masih bingung dimana stasiunnya. Ada yg bilang naik dari batu tulis dan masih banyak yg ga tau Paledang itu dimana. Bener juga bisa naik dari batu tulis tapi jauh buat yg rumahnya daerah padjajaran. Batu tulis deket ama yg rumahnya di Sukasari. Gampangnya, stasiun Paledang itu jaraknya cuma sekitar kurang lebih 100 meter dari stasiun bogor (yg biasa kite naek kereta jabodetabek itu). Dari Stasiun Bogor tinggal nyebrang jalanan trus lurus aja keliatan tulisan gede Stasiun Paledang. Stasiunnya masih baru, wc juga masih dibangun, tukang jualan ya warga2 yg rumahnya di sekitar situ. Kita nyampe stasiun jam 6.30, langsung meluncur beli tiket. Jangan lupa bawa ktp (untung gw bawa biasanya lupa) buat beli tiketnya. Harga tiket juga murah 15 ribu yg ekonomi, eksekutif 35 ribu, pasti gw milih yg ekonomi selaen irit hehe lagian deket juga jaraknya cuma 2 jam ber Ac juga dan bangkunya mirip kaya kelas bisnis mataremaja, bangkunya ada bantalannya lah ga kaya bangku besi doang bikin pantat panas. Bangku depan gw kosong jd kaki gw dengan leluasa bisa selonjoran, klo ga kosong kayanya sih bakal adu dengkul ama yg depan kita. Pas duduk sempet terjadi ricuh dibelakang gw masalah tempat duduk, sepertinya masih belum terbiasa ama sistem penomeran kursi, banyak yg masih pada ngasal gitu duduknya ga sesuai nomernya, tapi untungnya petugas yg berjaga juga sigap dan membantu penumpang mencarikan bangkunya sesuai dengan yg tertera di karsis. Yang gw suka nih ada petugas bagi2in kantong plastik buat tempat sampah. Disamping jendela ada chargeran dan chargeran berfungsi dengan baik bukan pajangan haha (pernah dapet yg pajangan doang :p). Sambil kereta melaju ada penjual nasi goreng, minuman dan kopi2. Murah cuma 10 ribu nasi gorengnya lengkap dengan telor dan nugget, untuk rasa yaaa ga usah dibahas lah ya pasti udah tau rasanya gimana (lumayanlah buat ganjel perut), minuman harganya juga ga jauh beda, air mineral 5ribu, pulpy 8 ribu. Sambil nulis nih blog tau tau gw udah sampe Cibadak (lumayan dah lewat titik macet klo ke sukabumi naek mobil). Klo mau ke Citarik turun aja di Cibadak trus naek angkot lagi. Ini satu hal yg g aneh disepanjang jalanan banyak anak2 kecil berjejer pada liat kereta, org tuanya juga pada ngeliatin kereta kaya sesuatu yg baru gitu (apa krn ini memang baru beroprasi lagi kali ya). kayanya lebih praktis naek kereta disamping ga pegel hati karena macet, ga pegel nginkek kopling, hati riang dan senang sampai tujuan dengan tenang. Alaaaah haha

Foto nyusul…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s