Bir Pletok

Hujaaan terus hujaaan mengguyur daerah gw sedari sore sampe malam…enaknya bikin nyang anget-anget nan sehat..tapi ape ye enaknye?…liat2 persedian dikulkas akhirnya memutuskan bikin “BIR PLETOK”. Bir pletok minuman khas betawi hehe..yaaah bokap pan orang betawi ga ada salahnya juga gw bikin ntuh minuman buat laki gw nyang orang bandung, biar die ngerasain dah minuman khas suku gw haha. Bikinnya gampil bgt dah…tinggal cebur2in aje tuh bahannye..tapi jujur nih pertama kali gw bikin juga haha.

  1.  aer
  2. jahe
  3. biji pala
  4. cengkeh
  5. sereh
  6. kapulaga
  7. kayu manis
  8. kayu secang
  9. gula putih aje 
  1. pertama loe masukin aer ama gula (sesuai selera manisnya segimane)
  2. masukin jahe yg dimemarin
  3. masukin kayu secang, cengkeh, kapulaga, kayu manis, sereh yg dimemarin.
  4. udeh tunggu aje ampe mendidih. Enaknya di endepin dulu biar rasanya kuat.

 Awalnye tuh kaga merah2, gw khawatir apa jangan2 sebenernya ada bahan yg kurang. Gw mau minta gula merah tuh kerumah emak gw. Gw nanya emak gw. Katenye ga napa diemin aje dulu tar juga merah aernya ga usah pake gula merah, yang bikin merah tuh kayu secangnya. Begitukah? Gw diemin eh bener juga die merah tuh. Pas dicobain…hmmm enaaaaak, laki gw juga doyan…sambil gw hidangin gw bilang “nih pap nge-bir, dari pade beli bir beneran mendingan bir dirumah lebih sehat bikinnya pake cinta juga” hahaha *garing. Doi nanya :

 Papap : “mam, kok namanya bir pletok sih?”

Gw     : “ iye, jadi jaman dulu pas jaman Belande, orang betawi pengen banget tuh minuman yg diminum nyonye belanda. Nah dibikin dah bir pletok dari rempah2. bikin anget pan jahe ma sereh.

Papap  : “trus pletoknya?”

Gw       : “nah pletoknya dibuat karena klo bir kan ceritanya ada busa2nya tuh trus dingin nah ama orang kite dibikin dimasukin ke slongsong bambu klo sekarang namanya alat shaker kali ya pake es batu n dikocok2 trus bunyi pletok pletok. Dituang ke gelas dah tuh kan dingin trus berbusa. Jadiii deng bir pletok. Hahaha

 Ya begitulah ceritanya……kmaren bawa ke kantor. Awal dah pada nolak deh katanya “gilaaa bir, enggak ah” pas diceritain sejarah nya pada ngakak…yang paling penting pas nyobain, beeeh pada nagih..haha oke deh selamat bikin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s